Friday 28 November 2014

Praktikum IPA di SMP Islam Diponegoro Surakarta

,

Praktikum menjadi bagian penting dalam pembelajaran IPA. Praktikum juga merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan akhir dari pembelajaran IPA. Oleh karena itu, SMP Islam Diponegoro Surakarta sudah mulai menerapkan beberapa praktikum di sekolah. Untuk menunjang berjalannya pembelajaran, maka di SMP sudah tersedia fasilitas Laboratorium IPA yang disediakan khusus untuk pembelajaran melalui kegiatan praktikum.
Beberapa praktikum yang telah dilaksanakan di SMP Islam Diponegoro diantaranya, untuk mata pelajaran Biologi, siswa diajak untuk mengenali organ-organ yang ada pada binatang melalui penelitian secara langsung. Untuk Fisika, siswa juga dikenalkan berbagai macam percobaan-percobaan yang membuktikan kebenaran teori Fisika.
Banyak manfaat yang didapat dari pembelajaran melalui praktikum ini. Pertama, praktikum dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar IPA. Kedua, mengembangkan keterampilan dasar dalam melakukan eksperimen. Ketiga, praktikum menjadi wahana belajar pendekatan secara ilmiah. Terakhir, praktikum juga akan mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Darisini, diharapkan tujuan akhir dari pembelajaran IPA dapat tercapai.

0 komentar to “Praktikum IPA di SMP Islam Diponegoro Surakarta”