Friday 28 November 2014

Pesantren Madrasah SMP Islam Diponegoro Surakarta

,
SMP Islam Diponegoro Surakarta bekerja sama dengan masjid Jami’ Assegaf Surakarta mengadakan pesantren Madrasah selama 6 hari mulai Senin –  Sabtu (28/10 – 2/11), di masjid Jami’ Assegaf Surakarta. 
Kegiatan ini diikuti 30 siswa dari kelas 7C dan dibagi menjadi 5 kelompok yaitu : kelompok Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Hambal dan ImamTsauriy, serta dipandu oleh Ustadz-ustadz yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Sedangkan bentuk kegiatan yang diberikan selama penyelenggaraan pesantren adalah : santri menjalankan shalat rawatib berjamaah setiap hari lengkap dengan berbagai dzikir dan doa-doa, mengikuti aktivitas di sekolah formal seperti biasa, mengikuti beragam majlis ilmu yang diselenggarakan di masjid Jami’ Assegaf setiap harinya, menjaga kerapihan dan kebersihan diri pada tempat kegiatannya, mengikuti kegiatan sosial di beberapa tempat yang telah dipilih dan bermuamalah dengan sesama peserta maupun para ustadz pembimbing. 
Adapun Maksud dari penyelenggaraan Pesantren Madrasah adalah : membiasakan siswa dengan keseharian ibadah dengan didukung suasana Masjid, dan mengisi waktu-waktu para siswa setelah sekolah. Sedang tujuannya adalah : Santri dapat membiasakan ibadah dengan sebaik-baiknya, santri dapat meniru akhlak Rasulullah SAW dalam bergaul dengan siapapun, santri dapat menerapkan sunnah Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, santri dapat belajar agama ataupun umum untuk meraih cita-cita, santri dapat hidup mandiri dengan semangat juang yang tinggi, mempunyai jiwa sosial dan peduli pada sesama. Kegiatan Pesantren Madrasah diakhiri dengan  penutupan dan diisi acara kesan dan pesan dari santri maupun  ustadz.

2 komentar to “Pesantren Madrasah SMP Islam Diponegoro Surakarta”

  • 29 November 2014 at 12:20
    Anonymous says:

    Wah salah satu sekolah yang tidak hanya mementingkan duniawi saja tetapi peserta didiknya digiring untuk mengenal akherat

    delete
  • 29 November 2014 at 12:27

    Wow SMP Islam Diponegoro memang sekolah bercirikan khusus ...tidak hanya mementingkan pendidikan umum saja tetapi pendidikan agama juga diperhatikan ...sukses selalu SMP Islam Diponegoro

    delete