Metode pembelajaran bisa dilakukan dengan berbagai macam
cara. Selain pembalajaran secara teoritis ada juga pembelajaran yang
dilakukan dalam dunia nyata yang biasa kita sebut dengan penelitian
ilmiah. Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan
yang sambung
menyambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang mampu
menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena alam. Penelitian ilmiah
juga menjadi salah satu cara untuk menjelaskan gejala-gejala alam.
Nah, untuk memberi keseimbangan dalam belajar, SMP Islam Diponegoro
Surakarta melakukan kedua pembelajaran tersebut. Siswa tidak hanya
selalu diberi materi yang sifatnya teoritis namun ada kalanya
pembelajaran yang sifatnya nyata seperti penelitian ilmiah. Setelah
mempelajari berbagai macam teori yang ada, siswa akan diajak oleh
sekolah untuk belajar melakukan penelitian berdasarkan teori yang ada.
Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya membayangkan apa yang mereka
pelajari atau hanya melihat gambarnya saja namun dapat mengaplikasikan
teori yang didapat melalui penelitian ilmiah.